Dananya dari mana?

Kapel St. Paulus Gebangan terletak di Kp. Baru RT. 1 RW. 3 Desa Gebangan Kec. Pageruyung Kab. Kendal, dibangun pada tahun 1982 oleh umat generasi pertama yang diprakarsai dan didanai oleh Bp. Suparmanyu seorang Sinder Kebun Afdeling Gebangan Kebun Sukomangli PTPN IX Nusantara pada waktu itu dengan Pastor Paroki Sukorejo Rm. Albanus Pramana Padmawardaya SJ. Kapel dengan ukuran 7 x 14 m tersebut menampung sekitar 50 KK yang dibaptis perdana tahun 1980 di Ngloji rumah dinas Bp. Suparmanyu. Dalam perjalanannya,  kapel tersebut mengalami beberapa kali renovasi dan penambahan ruangan. Namun dalam perkembangannya kondisi kapel makin memprihatinkan karena kurang mendapat perhatian dari umat. Hal seperti ini bisa dimengerti mengingat kondisi ekonomi umat setempat, sehingga  banyak umat yang keluar dari gereja dengan berbagai alasan, seperti ekonomi, perkawinan, politik, SDM dan lain-lain. Hal ini menjadi suatu keprihatinan yang mendalam bagi umat yang kini tinggal 40 KK.
Rupanya doa dan harapan umat akan kerinduan sebuah tempat ibadah yang pantas dan layak segera terwujud dengan disetujuinya permohonan renovasi Gereja St. Paulus Gebangan oleh Pastor kepala Paroki Sukorejo yaitu Rm. Ignatius Dradjat Soesilo, SJ pada tahun 2011, maka segera dilaksanakan peletakan batu pertama dengan prosesi yang dihadiri oleh umat, para tokoh umat non Katolik , Muspika dan Rm. Yohanes Agus Setiyono, SJ . Sejak saat itu pembangunan terus berlangsung, bahu membahu antara panitia dan umat, juga keterlibatan dari umat lain yang begitu antusias karena begitu besar harapan umat agar segera terwujud sebuah Kapel yang bagus. Meskipun dalam perjalanannya timbul pertanyaan-pertanyaan yang mengusik hati dananya dari mana? Status tanahnya belum jelas,  seperti apa kalau jadi? Kapan jadinya dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang lain. Seiring dengan bergeraknya waktu satu persatu pertanyaan itu terjawab, sungguh Roh Tuhan bekerja itu sungguh nyata. Kini telah berdiri sebuah kapel yang megah, semakin menjadikan umat intim dengan Allah dan memotivasi umat lain untuk membangun tempat ibadahnya.
Umat bersyukur pada Allah yang telah memberikan rahmat yang begitu melimpah sehingga pembangunan gereja dapat terwujud lewat orang-orang yang dipercaya seperti Rm. Ignatius Dradjat Soesilo, SJ, para donatur dan semua orang yang terlibat.
Semoga kehadiran Kapel St. Paulus ini menjadi berkat bagi sesama dan umat semakin memiliki iman yang mendalam dan tangguh.

BERKAH DALEM.

Antonius Sisworo

(diedit dari tulisan Bpk. Antonius Sisworo, 2012)

Masih suka belajar menulis;

masih juga suka ambil foto & video pakai HP jelek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *